RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)
Nama Sekolah : SMAN ....
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas I Semester : X / Satu
Pertemuan ke : 10 (sepuluh)
Tahun pelajaran : 2011/2012
Alokasi Waktu : 2 x 45
menit
Standar Kompetensi:
3. Memahami konsep ekonomi
dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar
Kompetensi Dasar : 3.1. Mengidentifikasi faktor-faktor
yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
Indikator
o Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran
o Mendeskripsikan faktor faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
I. Tujuan Pembelajaran
o
Mengidentifikasi faktor-faktor yang
mempengaruhi permintaan dan penawaran
II. Materi
Pembelajaran :
Permintaan
dan Penawaran
o
Pengertian Permintaan.
o
Faktor yang mempengaruhi permintaan.
o
Pengertian penawaran
o
Faktor yang
mempengaruhi penawaran
III. Metode Pembelajaran :
1. Ceramah bervariasi
2. Pemberian tugas
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
A. Kegiatan awal:
a. Memberi salam dan doa (Religius)
b. Mengecek kehadiran siswa dan persiapannya
c. Menginformasikan KD, Indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
d. Memotifasi siswa tentang pentingnya mengetahui konsep permintaan dan
penawaran dalam perekonomian (Rasa ingin tahu)
|
10
|
B. Kegiatan Inti :
·
Mendeskripsikan
pengertian permintaan dan penawaran melalui studi pustaka.(TM,PT) (Rasa ingin tahu)
·
Mengidentifikasi faktor-faktor yang
mempengaruhi permintaan dan penawaran terhadap barang (misal : telur
menjelang hari raya) ke pasar tradisional.(PT) (Rasa ingin tahu)
·
Menggambar kurva permintaan dan penawaran
dari satu daftar transaksi ( misal : telur menjelang hari raya).(PT) (Rasa ingin tahu,
mandiri, kerja keras)
|
70
|
C. Kegiatan Akhir :
a. Dengan bimbingan guru
siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
b. Siswa dan guru
melakukan refleksi
c. Guru
memberikan tugas rumah (PR)
|
10
|
V. Alat (Bahan) / Sumber Belajar:
a. Alat / Bahan : Power Point
b. Sumber Belajar : Ekonomi
SMA Jilid 1Pribadi S, Ayudya P. Pribadi setiyanto 2007. Ekonomi SMA/MA X
VI. Penilaian dan Program tindak lanjut
1.Prosedur Penilaian
~ Penilaian Kognitif :
-
Jenis : Tes tulisan (ulangan
harian), tugas individu
-
Bentuk : uraian
2.Alat Penilaian
a) Bagaimanakah bunyi hukum permintaan dan penawaran
3. Program tindak lanjut:
a.Remedial,
Untuk siswa yang memperoleh UH/KD < KKM
~
Mengikuti program pembelajaran kembali dengan memberikan pembahasan soal-soal uji kompetensi ( menjelaskan kembali
penyelesaian soal-soal)
~ Memberikan tugas yang berkaitan dengan indikaator/KD
yang belum tuntas
~ Melakukan uji pemahaman ulang sesuai dengan indikator/KD
yang belum tuntas
b.
Pengayaan, bagi siswa yang memperoleh UH/KD >KKM
~
Memberikan program pembelajaran tambahan berupa pembahasan soal-soal uji
kompetensi
Perhitungan
nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah
sebagai berikut:
Nilai
akhir = perolehan skor / skor maksimum
(70) x skor ideal (100)
Kalaena, ..................... 2012
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)
Nama Sekolah : SMAN ....
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas I Semester : X / Satu
Pertemuan ke : 11 (sebelas)
Tahun pelajaran : 2011/2012
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi :3.
Memahami konsep ekonomi dalam
kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar
Kompetensi Dasar : 3.2. Menjelaskan hukum permintaan dan
hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya
Indikator
o
Mendeskripsikan hukum permintaan serta
asumsi-asumsinya
o
Mendeskripsikan hukum penawaran serta
asumsi,asumsinya.
o
Memberikan contoh penerapan hukum
permintaan dan penawaran dalam kehidupan di masyarakat.
I. Tujuan
Pembelajaran
Mendeskripsikan proses
terbentuknya hukum permintaan dan penawaran
II. Materi
Pembelajaran :
o
Hukum Permintaan dan Penawaran
III. Metode Pembelajaran :
1, Ceramah bervariasi
2. Pemberian tugas
3. Diskusi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
A. Kegiatan awal:
a. Memberi salam dan doa (Religius)
b. Mengecek kehadiran siswa dan persiapannya
c. Menginformasikan KD, Indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
d. Memotifasi siswa tentang pentingnya mengetahui konsep hukum permintaan
dan hukum penawaran dalam perekonomian (Rasa ingin tahu)
|
10
|
B. Kegiatan Inti :
o Informasi awal tentang hukum permintaan dan
penawaran (TM) (Rasa ingin tahu)
o Menemukan hukum permintaan dan penawaran serta
asumsi-asumsinya melalui pengkajian referensi. (PT) (Rasa ingin tahu)
o Menunjukan
penerapan hukum permintaan dan penawaran terhadap barang dalam kehidupan di
masyarakat. (TM,PT) (Rasa ingin tahu, kreatif)
o Mendiskusikan contoh-contoh penerapan hukum permintaan dan hukum
penawaran (TM,PT) (Rasa ingin tahu, kreatif, kerja keras)
|
70
|
C. Kegiatan Akhir :
a. Dengan bimbingan guru
siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
b. Siswa dan guru
melakukan refleksi
c. Guru
memberikan tugas rumah (PR)
|
10
|
V. Alat (Bahan) / Sumber Belajar:
a. Alat / Bahan : Power Point
b. Sumber Belajar : Ekonomi
SMA Jilid 1Pribadi S, Ayudya P. Pribadi setiyanto 2007. Ekonomi SMA/MA X
VI. Penilaian dan Program tindak lanjut
1.Prosedur Penilaian
~ Penilaian Kognitif :
-
Jenis : Tes tulisan (ulangan
harian), tugas individu
-
Bentuk : uraian
2.Alat Penilaian
b) Bagaimanakah bunyi hukum permintaan dan penawaran
3. Program tindak lanjut:
a.Remedial,
Untuk siswa yang memperoleh UH/KD < KKM
~
Mengikuti program pembelajaran kembali dengan memberikan pembahasan soal-soal uji kompetensi ( menjelaskan kembali
penyelesaian soal-soal)
~ Memberikan tugas yang berkaitan dengan indikaator/KD
yang belum tuntas
~ Melakukan uji pemahaman ulang sesuai dengan
indikator/KD yang belum tuntas
b.
Pengayaan, bagi siswa yang memperoleh UH/KD >KKM
~
Memberikan program pembelajaran tambahan berupa pembahasan soal-soal uji
kompetensi
Perhitungan
nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah
sebagai berikut:
Nilai
akhir = perolehan skor / skor maksimum
(70) x skor ideal (100)
Kalaena, ..................... 2012
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)
Nama Sekolah : SMAN ...
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas I Semester : X / Satu
Pertemuan ke : 12 (dua belas)
Tahun pelajaran : 2011/2012
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
Standar Kompetensi
: 3. Memahami
konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar
Kompetensi
Dasar : 3.3. Mendeskripsikan pengertian harga dan
jumlah keseimbangan
Indikator
o
Mendeskripsikan fungsi permintaan dan fungsi
penawaran
o
Menghitung fungsi permintaan dan fungsi
penawaran
o
Menggambar kurva permintaan dan penawaran.
I. Tujuan Pembelajaran
Mendeskripsikan
proses terbentuknya harga keseimbangan
II. Materi
Pembelajaran :
Harga
Keseimbangan
o
Fungsi permintaan dan penawaran.
o
Kurva permintaan dan penawaran.
III. Metode Pembelajaran :
1, Ceramah bervariasi
2. Pemberian tugas
3. Diskusi kelompok
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
A. Kegiatan awal:
a. Memberi salam dan doa (Religius)
b. Mengecek kehadiran siswa dan persiapannya
c. Menginformasikan KD, Indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
d. Memotifasi siswa tentang pentingnya mengetahui fungsi permintaan dan
fungsi penawaran dalam perekonomian (Rasa ingin tahu)
|
10
|
B. Kegiatan Inti :
o
Informasi singkat tentang fungsi permintaan
dan fungsi penawaran (TM) (Rasa ingin tahu)
o
Menemukan fungsi permintaan dan penawaran
melalui pencermatan kurva permintaan dan penawaran terhadap barang (PT) (Rasa ingin tahu,tanggung jawab)
o
Mendiskusikan terjadinya pergeseran
permintaan dan penawaran melalui kurva (TM,PT) (Rasa ingin tahu, tanggung jawab)
o
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok (PT) (Tanggung jawab dan
mandiri)
o
Membuat laporan hasil diskusi (PT) (Tanggung jawab, mandiri)
|
70
|
C. Kegiatan Akhir :
a. Dengan bimbingan guru
siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
b. Siswa dan guru
melakukan refleksi
c. Guru
memberikan tugas rumah (PR)
|
10
|
V. Alat (Bahan) / Sumber Belajar:
a. Alat / Bahan : Power Point
b. Sumber Belajar : Ekonomi
SMA Jilid 1Pribadi S, Ayudya P. Pribadi setiyanto 2007. Ekonomi SMA/MA X
VI. Penilaian dan Program tindak lanjut
1.Prosedur Penilaian
~ Penilaian Kognitif :
-
Jenis : Tes tulisan (ulangan
harian), tugas individu
-
Bentuk : uraian
2.Alat Penilaian
c) Bagaimanakah bunyi hukum permintaan dan penawaran
3. Program tindak lanjut:
a.Remedial,
Untuk siswa yang memperoleh UH/KD < KKM
~
Mengikuti program pembelajaran kembali dengan memberikan pembahasan soal-soal uji kompetensi ( menjelaskan kembali
penyelesaian soal-soal)
~ Memberikan tugas yang berkaitan dengan indikaator/KD
yang belum tuntas
~ Melakukan uji pemahaman ulang sesuai dengan
indikator/KD yang belum tuntas
b.
Pengayaan, bagi siswa yang memperoleh UH/KD >KKM
~
Memberikan program pembelajaran tambahan berupa pembahasan soal-soal uji
kompetensi
Perhitungan
nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah
sebagai berikut:
Nilai
akhir = perolehan skor / skor maksimum
(70) x skor ideal (100)
Kalaena, ..................... 2012
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar